Indonesia merupakan negara besar yang memiliki banyak daerah dengan potensi dan keunikannya masing-masing. Daerah-daerah ini perlu mendapatkan pemerataan pembangunan untuk mencapai kemajuan, kemandirian, serta menghilangkan kesenjangan satu sama lain.  Di sisi lain, penyelenggaraan pemerataan pembangunan di setiap daerah membutuhkan adanya  inovasi berbasis riset agar dapat tumbuh lebih signifikan dan mampu mengejar ketertinggalan, terutama dengan daerah lainnya yang relatif lebih maju.

Oleh karena itu, Sekolah Pascasarjana Universitas Teknologi Sumbawa (SPS UTS) didirikan dengan visi untuk “Menjadi pusat pembelajaran dan inovasi berbasis riset yang unggul dan berdaya saing, sehingga dapat berperan aktif dalam pengembangan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan, dan teknologi yang kompetitif.” SPS UTS diharapkan mampu menjadi wadah bagi para akademisi dan inovator untuk ikut andil dalam pembangunan daerah melalui beragam inovasi yang dihasilkan oleh riset yang dilakukan. Selain itu, inovasi-inovasi tersebut ditujukan untuk senantiasa memberikan manfaat kepada masyarakat secara inklusif dan berkelanjutan di masa depan.

Hal itu pula yang menjadi latar belakang akan pentingnya untuk mengadakan kegiatan temu-diskusi antar pakar, akademisi, dan inovator guna menghasilkan gerakan berinovasi bersama yang berperan sebagai salah satu pemecah masalah dalam pembangunan daerah hingga nasional nantinya. Kegiatan temu-diskusi tersebut bertajuk Seminar Nasional Sekolah Pascasarjana Manajemen Inovasi dengan tema “Peran Riset dan Inovasi dalam Pembangunan Daerah yang Inklusif dan Berkelanjutan” yang akan diselenggarakan secara berkala setiap tahun.

Seminar nasional ini bertujuan untuk membahas tentang arah riset dan inovasi yang sedang dilakukan oleh para sivitas akademika UTS, serta lembaga pendidikan nasional dan entitas terkait lainnya. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah diseminasi dan pertukaran pikiran antara sivitas akademika dari berbagai tempat di Indonesia, serta menjalin hubungan kerjasama mutualisme untuk dapat memelihara semangat pembangunan yang disampaikan dalam tema seminar yang diselenggarakan.

Kegiatan seminar tersebut akan berlangsung pada tanggal 27-28 Mei 2020 melalui sistem webinar (online) melalui aplikasi zoom meating. Adapun pembicara yang akan mengisi kegiatan tersebut yaitu Pembicara utama: Dr. Zulkieflimansyah          (Gubernur NTB), Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa (Kepala LLDIKTI Wilayah VIII) dan Chairul Hudaya, Ph. D.(Rektor UTS). Adapun pembicara undangan dalam kegiatan SEMAI yaitu : Restu Sejahtera Sihotang, S.T., M.Sc (KOS group-Korea Selatan), Dr. Pipit Fitriani (Nano Center Indonesia Research Institute), Dr. Ir. I Ketut Suada, M.P (UNUD), Dr. Khoirul Anwar  (TELKOM UNIVERSITY), Fitri Khoerunissa, Ph. D           (Universitas Pendidikan Indonesia), Dr. Muhammad Sulhan, M.Si               (UGM).

Bagi makalah yang telah diterima DAN telah dipresentasikan akan diterbitkan dalam special issue pada jurnal TAMBORA (ISSN 2527-970X) Universitas Teknologi Sumbawa dan Airlangga Journal of Innovation Management

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *